Rabu, 15 Desember 2010

JenLY AnaK DeleM KOTEka

Jika kami berbicara mengenai pakaian, maka tentu saja kita berbicara tentang alat penutup bagian-bagina tertentu dari anggota tubuh. Pakaian adalah alat yang digunakan untuk menutup tubuh dan melindungi tubuh, jadi setiap suku di Papua memiliki bentuk pakaiannya sesuai dengan kehidupan, tradsisi dan budaya mereka masing-masing.

Suku Damal memiliki dua jenis pakaian, yaitu koteka dan taing kotekataing. Koteka di pakai oleh kaum pria dan taing dipakai oleh kaum wanita. Pakaian tradisional ini di pakai oleh nenek moyang Orang Damal dan secara turun-menurun sampai sekarang ini... walaupun sekarang di kota-kota tidak terlihat tetapi ketika kita sampai pedalaman Daerah orang Damal akan menyumapai pakaian tradisional tersebut.

Pakaian asli perempuan Damal adalah punigip taing yang artinya kulit kayu ngenyemon, cara membuatnya adalah kulit ngenyemon dikupas lalu dijemur di matahari hingga kering sehingga berbentuk benang,, benang-benang tersebut kemuadian diguanakan dalam dua bagain atau dua macam bentuk yang pertama dibikin tebal-tebal untuk perempuan dewasa dan yang kedua kulit kayu tersebut dipintalkan anyam dengan ukuran panjang yang sering disebut kuteing.cara pakainya adalah dengan cara dililitkan pada pinggul.

Koteka dibuat dari labu berukuran panjang dan kecil yang sudah dikeringkan. Koteka yang menyerupai tabung silinder dipakai untuk menutupi alat kelamain laki-laki,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar